Laman

Kamis, 12 Juni 2014

Sistem Panen Hujan

Sistem panen hujan merupakan metode pemanfaatan air hujan dengan menampung air hujan melalui atap, sumur dan sebagainya. Sehingga air hujan yang turun tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup kita.

Sistem panen hujan sangat dibutuhkan dalam halnya perubahan iklim, misalnya musim kemarau karena pada musim kemarau kemungkinan turunnya hujan sedikit atau tidak sama sekali sehingga air pada musim ini sedikit dan kebutuhan masyarakat terhadap air meningkat, maka untuk itu diperlukan sistem panen hujan dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari.

Dalam pemanfaatan panen hujan dapat dimanfaatkan untuk rumah, gedung perkantoran, sekolah, dan lain-lain. Dan dalam metode proses dapat bermacam ada yang langsung ditampung melalui kolam, dari atap rumah ke penampungan, dan melalui drainase ke kolam.
Sistem Panen Hujan Untuk Rumah



Sistem Panen Hujan untuk Rumah biasanya dilakukan melalui penampungan hujan dari atap rumah ke tempat penampungan seperti kolam atau Tank Penyimpanan, dan dalam penyaringan air hujan ini dapat dilakukan dengan menyaring menggunakan bermacam penyaringan seperti yang saya jelaskan disini atau jika informasi saya kurang lengkap dapat dicari di buku atau internet lainnya. Air yang telah tersaring dari atap rumah tersebut dapat langsung ditampung menggunakan Tank dan dapat digunakan untuk aktifitas sehari-hari seperti: menyiram tanaman, cuci baju, mandi, dan sebagainya. Apabila untuk meyakinkan air hujan ini bersih dapat dilakukan pemeriksaan dalam mengukur tingkat ph air dan sebagainya seperti yang diterangkan oleh blog ini dan ini atau untuk lebih detail lagi dapat dilakukan pemeriksaan di laboratorium. sehingga air yang digunakan aman dan jika memungkinkan dapat diminum untuk kesehatan kita.


Metode Penyaringan Air Pada Sistem Panen Hujan



Sistem Panen Hujan Dari Rumah Pembimbing Dosen Saya


Dan untuk sistem panen hujan untuk gedung perkantoran, sekolah dan lainnya caranya tidak berbeda dengan sistem panen hujan pada rumah hanya saja mungkin beda terhadap quantity atau jumlah air yang digunakan dan tempat penyimpan air hujan.


Sistem Panen Hujan Untuk Kantor 

Sistem Panen Hujan Di Beberapa Tempat 
Sistem Panen Hujan Untuk Perkebunan


Sehingga Kesimpulannya sistem panen hujan merupakan solusi alternatif manusia akan kebutuhan terhadap air dapat diatasi sehingga permasalahan seperti kekeringan, banjir, dan kebutuhan air bersih dapat diatasi dengan menerapkan sistem panen hujan disetiap rumah, gedung perkantoran, sekolah, dan lainnya. Dengan sistem panen hujan pemanfaatan air yang di berikan oleh Allah SWT dan dimanfaatkan dengan baik dan tidak terbuang percuma sehingga kita dapat bersyukur atas pemberian Allah SWT dan makin bertaqwa kepadanya Amin Ya Rabbal A'lamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar